Perusahaan BPO : Solusi Start Up Masa Kini

Perusahaan BPO

Mengapa Startup membutuhkan Perusahaan BPO?

Anda pemilik startup? Sedang mengembangkan produk baru dan ingin menemui market yang tepat? Dan Anda mulai bingung bagaimana menangani bagian operasional perusahaan? Nah, artikel kali ini kita akan membahas apakah startup dapat menggunakan jasa perusahaan BPO?

Startup adalah perusahaan rintisan yang didirikan untuk memberikan layanan kepada masyarakat. Perusahaan rintisan ini masih baru dan masih terus mengembangkan produk atau layananannya. Tapi, untuk saat ini startup lebih diidentikkan dengan perusahaan yang bergerak dibidang teknologi.

Perbedaan Startup dengan Perusahaan Konvensional

Perusahaan BPO
Perusahaan BPO dalam StartUp | source : freepik.com

Lalu apa bedanya startup dengan perusahaan konvensional? Berikut detailnya:
Pendanaan, startup biasanya mendapatkan suntikan dana dari angel investor. Sedangkan perusahaan konvensional banyak mendapatkan dana dari pendiri/pemilik perusahaan. Pada perusahaan startup jika produk/layanannya mendapatkan respon yang baik maka pendanaan dari pihak ke tiga juga akan mengalir lebih deras lagi
Struktur organisasi. Startup terdiri dari founder (pendiri) yang memang memiliki visi untuk mengembangkan produk dan menjadi solusi bagi masyarakat. Sedangkan pada perusahaan konvensional lebih memfokuskan kepada profit yang didapat sejak perusahaan tersebut beroperasional
Jam kerja. Startup lebih fleksibel dalam operasional dan cara kerjanya. Karyawan dapat bekerja dari rumah asal semua KPI terpenuhi. Sedangkan perusahaan konvensional lebih banyak bekerja dari jam 9-5 sore dengan format yang lebih formal. Meski pada beberapa perusahaan konvensional sudah mulai lebih fleksibel dalam jam kerja.

Baca Artikel lainnya : Perusahaan BPO : Pengertian, Tugas, dan Manfaatnya

Jenis Startup yang diminati masyarakat

Nah, selanjutnya adalah kita akan mengetahui beberapa jenis startup yang banyak diminati oleh masyarakat:
Startup bidang transportasi
Startup bidang properti
Startup bidang keuangan
Startup bidang pendidikan
Startup bidang kesehatan
Startup bidang makanan
Startup bidang asuransi
Dan semua startup yang pada prosesnya membutuhkan bantuan dari pihak ketiga untuk proses bisnisnya.
Lebih beragam kan jika kita melihat jenis startup yang ada. Lalu apakah startup tersebut dapat menggunakan jasa perusahaan BPO untuk menunjang bisnisnya? Yuk kita kenali lebih dekat apa itu perusahaan BPO, kelebihan dan segala fitur yang ditawarkan.

BPO dapat membantu Startup

Perusahaan BPO (Business Process Outsourcing) ada perusahaan yang membantu Anda untuk mengerjakan proses bisnis (alihdaya). Masyarakat awam lebih mengenalnya dengan perusahaan outsourcing. Semua jenis startup diatas dapat menggunakan layanan BPO terlebih lagi mereka sangat fokus pada pertumbuhan bisnis dan inovasi maka menggunakan perusahaan BPO adalah pilihan terbaik.

Jika kita berbicara perusahaan BPO, mungkin Anda sering menjumpai jasa perusahaan outsourcing di bidang security, nah ternyata tidak hanya itu saja yang dapat Anda gunakan. Ada outsourcing di bidang contact cenetr, call center, customer service, teknologi, talent, keuangan dll. Jadi banyak proses bisnis yang dapat Anda manfaatkan dan digunakan untuk membantu proses bisnis Anda. 

Sebagai startup yang masih develop produk dan mencari market yang tepat, keberadaan perusahaan BPO itu sangat membantu. Diantaranya jika Anda membutuhkan tenaga support profesional untuk menangani contact center, customer service bahkan kebutuhan talent

Sebagai contohnya untuk layanan contact center, Anda memerlukan teknologi khusus untuk menghandle kebutuhan pelanggan. Dan menurut studi Moments that matter, 2019 menyatakan bahwa :

58% pelanggan akan menghubungi contact center untuk menyelesaikan masalah mendesak.”

Coba Anda bayangkan jika layanan contact center perusahaan Anda dikelola kurang profesional? Pastinya akan berdampak pada citra perusahaan dan tingkat kepuasan pelanggan terkait produk Anda. 

Hal ini bukanlah masalah kecil karena ketika mereka tidak puas mungkin mereka akan berhenti membeli produk Anda atau malah mereka akan bercerita ke rekan, saudara atau keluarga mereka terkait pelayanan Anda. 

BPO bisa dikatakan adalah mitra Anda, jadi Anda bekerjasama dengan perusahaan BPO, dan perusahaan BPO menjalankan proses bisnis yang Anda butuhkan sesuai arahan dan KPI Anda. Mungkin Anda memiliki tantangan atau masalah Anda sendiri dan ini pasti akan berbeda antara satu startup dengan startup yang lain.

Pilih Perusahaan BPO Andal dan Terpercaya!

Nah, salah satu perusahaan BPO yang dapat Anda pilih adalah CallON. CallON dibawah PT Solusi Tiga Selaras (Solutif) yang memang memiliki spesialisasi dalam menyediakan layanan pendukung operasional perusahaan seperti: layanan contact center, customer service, sales, marketing, help desk, verifikasi, survey, teknologi bahkan back office.

CallON juga disupport oleh teknologi omnichannel dan genesys yang dapat membantu startup lebih efisien dalam mengolah layanan contact center dsb. Anda dapat diskusi dengan tim ahli CallON di (021) 5021 1001. 

Pastikan memilih CallON sebagai partner startup Anda

Perusahaan BPO : Solusi Start Up Masa Kini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top