Mengenal Chatbot: Robot Virtual yang Pintar!

Mengenal Chatbot: Robot Virtual yang Pintar!

Terdapat sebuah riset yang menunjukkan bahwa 75-90% pertanyaan akan ditangani oleh Chatbot pada tahun 2022 (Juniper Research, chatbot: Vendor Opportunities & Market Forecasts 2020-2024).

Teknologi contact center, yaitu Chatbot menjadi hal yang penting bagi bisnis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Chatbot dapat membantu pelanggan untuk menjawab hal-hal yang sederhana secara cepat dan otomatis seperti informasi produk, tanggal pengiriman, pemesanan, pembayaran dan lainnya.

Seorang Agent akan terbantu dengan kehadiran Chatbot karena mampu meningkatkan produktivitas dan kinerja Agent dalam melayani pelanggan. Selain itu, perusahaan juga dapat menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi bisnis. Chatbot adalah bagian yang sangat menarik dari revolusi era teknologi dan digital saat ini.

Apa itu Chatbot?

Seringkali terdapat pertanyaan mengenai “apa itu Chatbot?” Istilah Chatbot ditemukan oleh ahli robotik Mark Walker pada tahun 1990 di University of Edinburgh (UK). Kemudian, dipopulerkan oleh ilmuwan komputer Joe Wilcox yang menerbitkan artikel berjudul “What Is A Chatbot?” pada tahun 1993.

Chatbot adalah program komputer otomatis atau software yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) dirancang untuk melakukan komunikasi melalui teks, suara, atau video dua arah antara manusia dengan robot (komputer). Chatbot telah mampu menyimulasikan komunikasi yang cerdas dan mirip manusia seperti memahami ucapan manusia dan menjawab dengan informasi yang relevan.

Baca artikel lainnya: https://callon.id/percaya-atau-tidak-teknologi-ivr-penting-untuk-bisnis-anda/

Apa saja manfaat Chatbot untuk perkembangan bisnis?

Chatbot memberikan banyak manfaat untuk bisnis, seperti mampu meningkatkan efisiensi bisnis dengan menghemat waktu dan uang melalui adopsi Chatbot yang terintegrasi dengan AI untuk menjangkau digital channel.

Chatbot Solutif-contact-center

Memberdayakan pelanggan dengan self-service

Pelanggan dengan mudah menemukan jawaban atas keluhan atau informasi yang ingin mereka dapatkan. Melalui dukungan Chatbot yang cerdas dan ramah, Chatbot mampu memahami konteks pembicaraan sehingga dapat merespon secara otomatis, cepat dan relevan. Selain itu, penggunaan Chatbot meningkatkan layanan mandiri (self-service) pelanggan di berbagai saluran digital.

Menghemat biaya contact center

Chatbot dapat menjawab pertanyaan umum (sederhana) dengan cepat dan akurat. Penting bagi bisnis untuk melihat peluang Chatbot yang menjadi jalan terdepan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi. Sehingga Anda dengan dapat menghemat biaya operasional lainnya.

Membuat Agent lebih efisien

Pertanyaan atau permintaan pelanggan yang sederhana dapat diatasi oleh bot. Sehingga Agent dapat lebih fokus pada hal yang lebih kompleks dan sulit untuk diatasi oleh bot. Untuk itu, Chatbot mampu meningkatkan produktivitas dan kepuasan Agent dalam bekerja dan terciptalah efisiensi pada lingkungan kerja Agent.

Bagaimana Chatbot meningkatkan pengalaman pelanggan?

Adanya aksesibilitas bisnis dalam hal harga dan pengaturan, chatbot meningkatkan pengalaman pelanggan untuk bisnis dari semua ukuran, terlepas dari dalamnya kecanggihan teknologi mereka.

Chatbot memiliki kekuatan untuk:

  1. Mempermudah proses yang sebelumnya membuat pelanggan merasa frustasi sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
  2. Memberikan pelanggan jawaban atas pertanyaan sederhana sehingga pelanggan tidak perlu repot menavigasi website atau saluran lainnya.
  3. Hilangkan kebutuhan teknis atau kompleks, dengan memberikan bantuan dalam percakapan.
  4. Pandu pelanggan ke tempat yang tepat dan diproses dengan cepat.
  5. Ambil informasi satu sekali dan simpan, sehingga pelanggan tidak perlu mengulanginya lagi. Pengulangan informasi menjadi penyebab pelanggan merasa jengkel.
  6. Mengarahkan pelanggan ke Agent yang tepat dan semua informasi yang dibutuhkan sesuai sehingga Agent dapat bekerja dengan cepat dan efektif.

Secara keseluruhan, chatbot memberikan bantuan dengan cara yang “manusiawi”. Sentuhan percakapan menciptakan rasa keterlibatan yang jauh lebih besar dengan pelanggan daripada bentuk layanan mandiri lainnya.

Baca artikel lainnya: https://callon.id/teknologi-pintar-voice-assistant-mampu-tingkatkan-layanan-pelanggan/

Bagaimana Chatbot Genesys memaksimalkan sentuhan “manusia”?

Genesys mengurangi risiko otomatisasi percakapan dengan membuat chatbot mudah dikonfigurasi dan disebarkan menggunakan aplikasi mikro yang dibuat sebelumnya dan dialog terarah. Anda juga dapat mendesain bot Genesys Anda sekali dan mengintegrasikannya di web, smartphone, SMS, Facebook Messenger, obrolan bisnis (teks) dan suara.

Chatbot dari Genesys juga menyertakan:

  1. Full-context handoffs kepada Agent.
  2. Laporan yang terstruktur dengan menyatukan Chatbot dan live conversation.
  3. Platform Chatbot pihak ketiga dan Genesys omnichannel orchestration dan perutean.

Nah, dari penjelasan di atas sudahkah Anda paham tentang Chatbot? Solutif sebagai all-in-one contact center yang bekerja sama dengan Genesys menciptakan peluang besar bagi bisnis agar semakin berkembang.

Chatbot penting untuk perkembangan bisnis dan mendukung perusahaan dalam meningkatkan pengalaman pelanggan. Tidak hanya itu, Chatbot juga mampu meningkatkan customer retention (mempertahankan pelanggan) sehingga perusahaan dapat meningkatkan profit.

Tunggu apa lagi? Maksimalkan contact center Anda sekarang juga! Hubungi Kami Disini.

Mengenal Chatbot: Robot Virtual yang Pintar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top