Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Layanan BPO?

Layanan BPO

Apakah Layanan BPO Membuat Proses Bisnis Lebih Efektif?

Pernahkah Anda mencoba berbagai upaya untuk mengembangkan tim atau merancang program-program dalam upaya mengatasi kekurangan bisnis Anda, namun setelah waktu yang cukup lama berlalu, hasil yang signifikan tetap sulit dicapai? Mengelola tim dan karyawan perusahaan bisa menjadi rutinitas yang memakan banyak waktu, membuat Anda kekurangan waktu untuk mengembangkan ide-ide inovatif yang dapat mendorong perkembangan bisnis Anda.

Dalam situasi seperti ini, banyak perusahaan mulai mempertimbangkan penggunaan jasa outsourcing (BPO) sebagai solusi untuk menghemat waktu dan sumber daya lainnya. Pertanyaannya adalah, “Kapan saat yang tepat untuk memulai penggunaan outsourcing?

Untuk membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut, mari kita telaah beberapa alasan atau situasi yang menunjukkan bahwa Anda mungkin memerlukan layanan outsourcing atau BPO.

1. Tidak Bisa Memenuhi Permintaan

Ketika penjualan bisnis meningkat dan disertai oleh tekanan dari pelanggan seperti ekspetasi pengiriman pesanan dengan cepat, Anda mungkin menghadapi tantangan dalam memenuhi semua permintaan ini, terutama jika bisnis masih dalam skala kecil. Yang pertama kali perlu diperhatikan adalah “apakah Anda memiliki jumlah karyawan yang cukup untuk menangani lonjakan permintaan ini?”

Jika tidak, merekrut banyak karyawan baru terlebih lagi jika dalam jumlah besar dapat menimbulkan masalah, terutama jika Anda tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelola mereka. Menggunakan layanan BPO dapat membantu Anda mengatasi masalah ini. Yang perlu Anda perhatikan adalah memilih mitra outsourcing yang tepat untuk mengelola sumber daya manusia.

2. Terlalu Banyak Pekerjaan untuk Karyawan Anda

Bisnis kecil sering meminta karyawan mereka untuk menangani berbagai tugas sebagai bentuk penghematan biaya. Namun, memberikan terlalu banyak pekerjaan kepada karyawan bisa berdampak negatif jika dilakukan secara terus menerus, karena dapat menyebabkan kelelahan, hilangnya fokus, dan akhirnya menurunkan kinerja mereka, hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan meningkatkan resiko kesalahan saat bekerja.

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Pelayanan buruk yang disebabkan oleh karyawan karena terlalu terbebani oleh workload pekerjaan dapat menyebabkan ketidakpuasan pelanggan. 

workload

Mencari karyawan tambahan mungkin merupakan solusi pertama untuk Anda, namun jika Anda kebingungan untuk mencari karyawan tambahan yang cocok untuk menjalankan aktivitas baru maupun menggantikan pekerjaan karyawan sebelumnya, Anda dapat bekerjasama dengan perusahaan outsourcing untuk mendapatkan insight mengenai hal tersebut.

3. Kesalahan yang Menghabiskan Biaya Terlalu Banyak

Ketika terlalu fokus pada tugas harian, pemilik bisnis kecil cenderung mengabaikan beberapa detail yang bisa menyebabkan kerugian. Hal ini bisa mencakup pembelian alat atau perangkat baru yang tidak memberikan dampak yang signifikan pada bisnis, merekrut karyawan yang tidak kompeten, atau pengeluaran berlebihan di area yang tidak begitu penting.

Kesalahan seperti ini dapat membuat bisnis Anda sulit berkembang. Jika Anda mengalami situasi seperti ini, menggunakan layanan outsourcing bisa membantu Anda mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan.

4. Anggaran Terbatas

Pengeluaran terkait gaji karyawan bisa menjadi beban finansial yang besar dan dapat mempengaruhi stabilitas keuangan bisnis Anda. Faktor lainnya seperti biaya gaji tinggi, tunjangan cuti, dan cuti sakit juga menjadi tambahan pengeluaran bagi bisnis. 

Layanan BPO

Menggunakan layanan outsourcing dapat membantu Anda mengurangi biaya operasional dan memberikan akses ke tenaga ahli yang sudah terlatih. Selain itu, penggunaan layanan outsourcing juga bisa meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Penting untuk dicatat bahwa keputusan antara mempekerjakan karyawan atau menggunakan layanan outsourcing harus didasarkan pada kebutuhan dan kondisi perusahaan Anda yang spesifik. Mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari kedua opsi tersebut adalah langkah bijaksana sebelum mengambil keputusan terkait sumber daya manusia dalam bisnis Anda.

5. Kesulitan Menemukan Karyawan yang Tepat

Jika perusahaan Anda telah mencoba untuk mengisi posisi tertentu dengan karyawan selama periode yang cukup lama, tetapi belum berhasil menemukan individu yang sesuai dengan standar dan kebutuhan perusahaan Anda, maka ini adalah masalah serius. Situasi ini dapat menjadi beban berat bagi produktivitas dan perkembangan perusahaan Anda.

Dalam konteks ini, layanan outsourcing bisa menjadi solusi yang efektif. Mereka dapat membantu Anda menemukan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan Anda melalui rekomendasi yang lebih tepat dan proses seleksi yang cermat. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa tim Anda terdiri dari individu yang memiliki keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan-tujuannya dengan lebih efisien.”

6. Pekerjaan Rutin Menghabiskan Banyak Waktu

Bisnis yang terjebak dalam rutinitas yang sama selama bertahun-tahun, dengan karyawan yang terus-menerus sibuk dengan tugas rutin harian, dapat mengalami hambatan serius dalam hal inovasi dan perkembangan. Situasi ini bisa mengakibatkan kurangnya waktu, energi, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan inisiatif-inisiatif baru yang diperlukan untuk pertumbuhan perusahaan Anda.

Dalam konteks ini, perusahaan outsourcing dapat menjadi mitra yang sangat berharga. Mereka dapat membantu karyawan Anda fokus pada tugas-tugas inti yang paling penting sementara mereka mengambil alih tugas-tugas rutin. Ini tidak hanya mengurangi beban kerja tim internal Anda, tetapi juga memberikan ruang bagi inovasi, pengembangan produk, dan upaya strategis lainnya yang akan membantu perusahaan Anda terus tumbuh dan berkembang.

Dengan demikian, penggunaan layanan outsourcing dapat memungkinkan perusahaan Anda untuk tetap kompetitif dan relevan dalam lingkungan bisnis yang terus berubah dengan cepat.

7. Menghemat Pengeluaran

Pastikan Anda mempertimbangkan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya bisa didelegasikan oleh outsourcing. Hal ini dapat memberikan Anda peluang untuk fokus pada aspek lain yang lebih penting, seperti inovasi produk dan layanan. Dengan demikian, bisnis Anda dapat berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman.

Jika bisnis Anda sudah menunjukkan beberapa tanda yang sesuai seperti faktor-faktor diatas, maka akan menjadi keputusan yang bijak untuk mencoba menggunakan layanan outsourcing.

Bergabung dengan CallON!

CallON

Kelola proses bisnis Anda dengan efektif dan efisien bersama CallON! Mengapa CallON adalah Pilihan Tepat untuk Perusahaan Anda?

  • Pengalaman Terpercaya: Kami memiliki pengalaman bekerjasama dengan industri teknologi, financial services (FSI), edukasi, dan masih banyak lagi.
  • Layanan Berkualitas: Kami menyediakan layanan utama berupa customer service, contact center, dan call center yang dilengkapi dengan fitur pendukung seperti sistem manajemen panggilan terintegrasi dan analisis data.
  • Kustomisasi Sesuai Kebutuhan: Layanan kami dapat disesuaikan dengan target, kebutuhan, dan anggaran Anda.
  • Keamanan: Kami memiliki izin operasional ISO 9001:2015 untuk tetap memberikan pelayanan konsisten untuk Anda.
  • Laporan Real-time: Anda bisa mendapatkan laporan dan hasil analisis menyeluruh secara real-time.

Karyawan merupakan Aset Perusahaan!
Pilihlah dengan Bijak!

Saatnya Membangun Bisnis Anda Menuju Kesuksesan yang Lebih Besar Bersama CallON! Hubungi Tim CallON di (021) 5021 1001 untuk Informasi lebih lanjut dan konsultasi.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Layanan BPO?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top