Cara Membuat CV Yang Disukai Oleh HRD!

Cara Membuat CV Yang Disukai Oleh HRD!

Mau tahu cara membuat CV Kamu dilirik sama HRD?

Yuk sini CallON kasih tau nih cara membuat CV yang menarik!

Namun, sebelum itu CallON mau memberi tahu teman-teman nih mengenai apa sih CV atau Curriculum Vitae itu?

Jadi, CV adalah sebuah dokumen atau daftar riwayat hidup yang digunakan oleh calon pelamar kerja untuk memberikan gambaran mengenai dirinya sendiri dengan menunjukkan deskripsi dan informasi personal, pengalaman profesional, prestasi dan kemampuan diri.

Kenapa CV itu penting?

Ketika Kamu sedang melamar pekerjaan, HRD belum mengetahui diri Kamu secara personal. Maka dari itu, CV menjadi langkah awal dalam memasuki proses rekrutmen dan untuk memberikan gambaran kepada HRD mengenai diri Kamu. CV juga penting untuk memberikan kesan pertama yang menarik pada HRD dan menunjukkan bahwa Kamu memiliki daya tarik dan keunggulan yang lebih dari kandidat lain.

Sekarang ini, berbagai calon pelamar kerja mulai untuk membuat CV dengan kreatif atau berbasis ATS friendly. Akibat banyaknya pelamar yang mengirimkan CV, tentunya peluang lolos untuk lanjut ke tahap wawancara atau proses seleksi lainnya semakin kecil.

HRD hanya membutuhkan waktu singkat untuk mereview CV Kamu. Menurut laporan SHRM, 76% responden berpendapat bahwa HRD hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk mereview CV dan menentukan apakah pelamar cocok di posisi tertentu.

Deb Keary, vice president SDM di SHRM mengatakan bahwa calon pekerja diharapkan untuk jujur mengenai apa yang dituliskan pada CV mereka. Sehingga ketika ditanya mengenai pengalaman kerja mereka dapat dikatakan secara jujur tanpa melebih-lebihkan.

Baca artikel lainnya: https://callon.id/cara-melamar-kerja-yang-bikin-hrd-terkesan/

Lalu, bagaimana membuat CV yang menarik di mata HRD?

Masih banyak para calon pelamar kerja yang bingung cara membuat cv yang profesional dan mampu menarik perhatian HRD. Oleh karena itu, Kamu perlu tahu apa saja sih yang HRD suka saat melihat CV calon pelamar kerja..

1. Memberikan Informasi Detail dan Sesuai Kualifikasi

HRD suka ketika melihat informasi yang tertera pada CV dipaparkan secara detail, ringkas dan sederhana. Informasi yang dimaksud adalah Kamu bisa memberikan gambaran mengenai diri Kamu.

Informasi yang dapat dicantumkan, sebagai berikut:
1. Deskripsi diri yang menjelaskan ketertarikan, karakter atau kelebihanmu yang disesuaikan dengan kualifikasi posisi pekerjaan yang Kamu lamar.
2. Kontak detail, seperti email, nomor telepon dan linkedin.
3. Dapat memasukan foto profesional (bersifat opsional) yang terlihat natural dan berpakaian rapi.
4. Memasukan latar belakang pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, prestasi, kemampuan dan proyek (jika ada) yang sesuai dengan kualifikasi deskripsi dan posisi pekerjaan.

Jangan lupa gunakan kata kunci dan kata kerja aktif untuk membuat HRD semakin terkesan dengan Kamu!
Nah, Kamu bisa banget nih jadikan salah satu CV ini sebagai referensi, yaitu CV kak Athiya Deviyani yang tembus masuk magang ke Apple loh!

Membuat CV, CV Athiya Deviyani

2. Pengalaman Kerja

Tulislah pengalaman kerja Kamu sedetail dan selengkap mungkin secara relevan. Jika memungkinkan, Kamu dapat memasukan achievement yang pernah kamu raih selama menjalani pekerjaan atau proyek di tempat sebelumnya. Selain itu, dapat menggunakan data seperti angka atau persentase untuk menunjukkan keunggulanmu pada pekerjaan tersebut. Tentunya, hal tersebut menjadi poin plus untuk Kamu. HRD akan melihat hal ini untuk menentukan apakah Kamu cocok dengan posisi yang dilamar.

Teman-teman dapat melihat contoh referensi berikut:
Referensi: https://www.linkedin.com/posts/ardidwipassusanto_contoh-cv-fixdocx-activity-6922508368838316033-xCng?utm_source=linkedin_share&utm_medium=member_desktop_web

contoh cv

3. Kemampuan atau keahlian

HRD juga melihat kemampuan atau keahlian yang kamu cantumkan apakah sesuai dengan kualifikasi yang diterima. Jangan menaruh hal yang tidak relevan dengan kemampuan yang Kamu miliki.

Kamu juga bisa banget mereferensikan contoh CV ini!
Referensi: https://www.linkedin.com/posts/patricia-setyadjie_cv-template-for-finance-professionals-salah-activity-6856608944207511552-Epde?utm_source=linkedin_share&utm_medium=member_desktop_web

contoh cv

4. Susunan CV Yang Terlihat Profesional

HRD senang melihat CV kamu yang memiliki tata letak informasi yang rapi dan nyaman dibaca. Perhatikan juga pemilihan font tulisan dan warna agar terlihat sinkron serta tidak membuat HRD kebingungan. Sekarang ini, template CV sudah tersedia dimana-mana Kamu bisa menggunakan template ATS atau menggunakan design yang kreatif dan tidak membuat HRD sulit untuk membaca CV Kamu.

5. Mengirim Email Lamaran Kepada HRD Dengan Benar

Banyak diantara calon pelamar yang masih bingung dan merasa kesulitan untuk mengirim email lamaran ke HRD yang baik dan benar. Terdapat kesalahan pada penulisan subject, bahkan isi email yang tidak sesuai sehingga HRD mengabaikan email tersebut.
Contoh subject yang benar:
Subject: Lamaran Kerja (Posisi Yang Dilamar)_Nama Kamu

Kamu juga bisa lihat video kak Vina di bawah ini tentang cara mengirim email lamaran yang benar!

@vmuliana

Reply to @gitchrs As requested. Ini untuk cara buat body email #lamarankerja ya #tipskerja #BUMN #samasamabelajar

♬ original sound – Iyuz misterius – Iyuz misterius

6. Melampirkan Berkas Dengan Format PDF

Ketika Kamu mengirimkan email lamaran ke HRD, hindari untuk mengirimkan berkas lamaran menggunakan format JPG, PNG, ZIP dan DOC. Gunakanlah Format PDF untuk memberikan kesan profesional. Selain itu, alangkah baiknya berkas dapat dijadikan dalam satu file agar terlihat rapi dan memudahkan HRD untuk mengecek berkas Kamu.

PDF

Ini dia beberapa tips dan masukan untuk membuat CV Kamu semakin menarik dari CallON agar semakin profesional dan percaya diri dalam membuat CV!

Semoga beruntung dan memperoleh pekerjaan yang kamu inginkan!

Cara Membuat CV Yang Disukai Oleh HRD!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top