Cara Melamar Kerja Yang Bikin HRD Terkesan!

Cara Melamar Kerja Yang Bikin HRD Terkesan!

Bingung cara melamar pekerjaan yang menarik perhatian HR?

Berapa kali Anda telah melamar kerja? Apakah Anda merasa frustasi karena tidak mendapatkan panggilan wawancara atau pengumuman tahap lebih lanjut?

Persaingan melamar kerja semakin ketat. Forbes melaporkan bahwa dari 118 pelamar yang ada, hanya 22% yang akan diundang untuk proses wawancara dari posisi yang ditawarkan. Mulai dari mahasiswa, fresh graduates, pengangguran dan pekerja lainnya berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan. Untuk itu, penting bagi kita tahu cara melamar pekerjaan yang benar dan memberikan first impression yang baik untuk membuat HR melirik Anda.

Jika Anda ingin tahu tips melamar kerja dari CallON tentang cara melamar pekerjaan yang bisa bikin HR terkesan, maka Anda berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini kita akan membahas lebih lanjut agar Anda terlihat menarik dan berkesan di mata HR.

Yuk kita simak, beberapa cara melamar kerja yang bisa membuat HR jatuh cinta dengan Anda!

Cara Melamar Kerja Yang Bikin HRD Terkesan!

1. Mempersiapkan Diri

Ketika Anda sedang melamar pekerjaan, jangan lupa untuk mempersiapkan diri Anda. Yakinkan diri Anda dan keluarkan performa terbaik Anda agar dapat meningkatkan fokus dan kepercayaan diri Anda.

💡Tips untuk lebih mempersiapkan diri!
1. Berpakaian rapi dan bersih untuk memberikan first impression yang baik kepada HR.
2. Selalu tersenyum dan tidak menunjukkan ekspresi yang kaku.
3. Berlatih terlebih dahulu di depan kaca dan melihat konten-konten mengenai pertanyaan atau hal yang berhubungan dengan proses melamar pekerjaan.
4. Persiapkan segala kebutuhan seperti berkas atau dokumen yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan.

2. Riset Perusahaan

Kebanyakan calon pelamar mengirim lamaran kerja ke berbagai perusahaan, tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Mengutip dari artikel CNBC, bahwa setelah memulai pekerjaan baru, 72% pekerja muda memiliki penyesalan. Data ini menunjukkan bahwa riset perusahaan itu penting.

Dengan melakukan riset, Anda lebih mengenal perusahaan, dapat menyesuaikan CV dan melihat apakah job deskripsinya relevan dengan Anda. Sehingga Anda tidak salah langkah untuk memutuskan bekerja di perusahaan tersebut.

Sedikit tips dari CallON! Cari tahu bagaimana profil perusahaan (visi, misi, values), bisnis model, budaya, kompetitor perusahaan dan hal apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan jika melamar di posisi yang tersedia. Hal ini akan menjadi nilai plus bagi kamu di mata HR.

3. Kuasai Deskripsi Pekerjaan Yang Anda Lamar!

Sebelum melamar pekerjaan, penting bagi Anda untuk memahami dan membaca deskripsi pekerjaan secara menyeluruh. Menurut SHRM, deskripsi pekerjaan adalah pernyataan yang sederhana untuk menjelaskan tugas, peran dan tanggung jawab suatu posisi. Anda harus memikirkan apakah deskripsi pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan keahlian Anda.

Mungkin sebagian dari Anda masih bingung mengenai cara menguasai deskripsi pekerjaan yang Anda minati. Sekarang ini, sudah banyak platform yang mampu mendukung Anda seperti webinar, training, atau mengikuti course. Dengan menguasai deskripsi pekerjaan, HR akan semakin terpukau dengan Anda.

CallON juga menyediakan platform training yang di tujukan kepada jobseeker untuk menguasai di bidang contact center solution dan omnichannel.

Info lebih lanjut, silakan mengunjungi website ini: https://callon.id/training

4. Update CV Dan Portofolio Anda!

Selalu update CV dan percantik portofolio Anda. Kemudian, buatlah CV sesuai dengan bidang yang ingin Anda lamar. Selalu ingat untuk memasukan pengalaman kerja, proyek, keahlian dan kemampuan Anda secara relevan baik dalam CV maupun portofolio Anda.

Sekarang ini, CV ATS (Applicant Tracking System) menjadi tren di kalangan recruiter. Berdasarkan riset dari Fortune.com, 98.8% dari 500 list perusahaan dalam fortune menggunakan ATS dalam proses rekrutmen. CV ATS memudahkan HR untuk menemukan hal menarik dalam CV Anda.

Kemudian, menggunakan kata kunci dan relevan sesuai dengan bidang yang Anda pilih agar memiliki kesan lebih profesional. Anda bisa cek kata kunci di link berikut ini: https://hwpi.harvard.edu/files/ocs/files/undergrad_resumes_and_cover_letters.pdf

5. Gunakan LinkedIn dan Media Sosial Lainnya

Tahukah Anda, bahwa LinkedIn dan media sosial lainnya penting untuk memperluas personal branding Anda?

Jobvite Recruiter Nation melaporkan bahwa 87% rekruter menggunakan LinkedIn untuk melihat dan mengecek kandidat yang melamar. Anda bisa memanfaatkan LinkedIn dan media sosial lainnya untuk membuat HR semakin terkesan dengan Anda.

💡Tips untuk mempercantik LinkedIn Anda!
1. Pasang foto yang profesional
2. Menulis Headline yang menunjukkan keahlian Anda
3. Lengkapi profil Anda di LinkedIn karena mempermudah HR menganalisa profil Anda dan menemukan Anda
4. Lakukanlah elevator pitch singkat seperti menjelaskan siapa diri kamu, kemampuan dan kelebihanmu untuk melamar pekerjaan
5. Meminta rekomendasi dari rekan kerja, dosen, atau atasan kalian untuk menyakinkan HR bahwa Anda ahli di bidang tersebut
6. Connect dengan HR atau perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja dan aktif membagikan konten positif di LinkedIn

6. Jangan Lupa Membuat Cover Letter!

Cover letter atau surat lamaran merupakan dokumen yang dibuat dalam satu halaman untuk melihat pengalaman dan kemampuan Anda secara detail.

Cover letter bertujuan untuk mempromosikan diri Anda dengan menyoroti kemampuan, pengalaman dan minat Anda secara relevan. Jangan lupa tunjukkan rasa antusiasmu dan minat pada bidang yang Anda pilih.

Kenapa penting? Karena memberitahukan HR atau recruiter mengenai detail lebih lanjut apakah Anda cocok dengan posisi tersebut dan apa yang membuat Anda menginginkan pekerjaan ini.

7. Berkomunikasi Dengan Jelas Dan Efektif

Jangan berbicara secara berlebihan dan tidak relevan, terutama terhadap pengalaman dan kemampuan Anda. Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur dan singkat. Jika Anda tidak tahu harus menjawab apa, jangan mencoba untuk menebak atau mengarang sesuatu hal yang seharusnya tidak ada.

Perhatikan juga postur dan gerak gerik tubuh Anda agar terlihat profesional. Komunikasi yang efektif membuat Anda mampu menyampaikan informasi secara jelas dan percaya diri. Tentunya hal ini membuat HR terkesan melihat bagaimana cara Anda berkomunikasi.

Satu hal lagi! Jangan takut untuk bertanya. HR senang jika Anda mengajukan pertanyaan karena menunjukkan bahwa Anda memiliki minat dan rasa keingintahuan tinggi terhadap perusahaan tersebut.

Ini dia beberapa cara dan tips yang bisa Anda terapkan! Melamar pekerjaan bukanlah hal yang mudah karena memerlukan proses yang cukup panjang. Namun, terdapat berbagai cara dan tips yang bisa Anda dapatkan untuk memaksimalkan persiapan Anda.

CallON juga memiliki layanan untuk Talent loh! CallON membuka kesempatan bagi jobseeker untuk melamar kerja di bidang Customer Service, Sales, Marketing, Collection, Survey/Verifikasi, IT Support & Back Office.

Find out more by visiting: https://callon.id/talents/

Goodluck untuk kamu yang sedang menjalani proses melamar kerja!

Cara Melamar Kerja Yang Bikin HRD Terkesan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top