Bisnis Wajib tau Perbedaan Customer Service dan Customer Care!

Customer Service dan Customer Care

Apa yang dimaksud Customer Care dan Customer Service?

Bisnis Wajib tau Perbedaan Customer Service dan Customer Care!- Peran penting dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan adalah Customer Care dan Customer Service. Meskipun keduanya memiliki tujuan serupa, yakni memastikan kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan perusahaan, terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya.

Customer Care mencakup semua upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan serta menjaga hubungan positif dengan mereka. Ini berkaitan dengan perlakuan perusahaan terhadap pelanggan, termasuk menangani keluhan, memberikan informasi dan solusi terkait produk atau layanan, serta memberikan dukungan untuk mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan.

Sementara itu, Customer Service bertujuan untuk memastikan kepuasan pelanggan terhadap produk atau layanan yang mereka terima, serta memberikan jawaban dan solusi atas pertanyaan atau masalah yang dihadapi pelanggan. Customer Service dapat diwujudkan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti telepon, obrolan (chat), surel, atau pertemuan langsung dengan pelanggan.

Perbedaan mendasar antara kedua konsep ini terletak pada fokusnya. Customer Care lebih menekankan pada usaha perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan keseluruhan pelanggan, termasuk dalam menangani keluhan. Di sisi lain, lebih terkonsentrasi pada bagaimana perusahaan membantu pelanggan dalam memanfaatkan produk atau layanan yang disediakan. Walaupun demikian, kedua konsep ini seringkali saling berkaitan dan saling melengkapi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Apa itu call center : Contact Center: Pengertian, Tugas, Fungsi, dan Kriteria! 

Peran Customer Care dan Customer Service

Peran dari customer care adalah menjadi kanal bagi para pelanggan untuk memberikan masukan terhadap produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan. Selain itu, customer care juga bertanggung jawab dalam menyediakan informasi serta solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin dihadapi oleh pelanggan. Pelaksanaan customer care bisa dilakukan dengan berbagai metode, termasuk melalui telepon, email, obrolan (chat), atau media sosial.

Tujuan utama dari customer care adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pendekatan seperti membantu mereka menemukan jawaban atas pertanyaan yang diajukan, menyelesaikan permasalahan yang timbul, dan memberikan dukungan dalam penggunaan produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan.

Sementara itu, peran dari customer service adalah untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan ramah kepada para pelanggan, serta membantu mereka dalam memanfaatkan produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan. Cara pelaksanaannya serupa dengan customer care, yaitu melalui saluran komunikasi seperti telepon, email, obrolan (chat), atau media sosial.

Tujuan utama dari customer service adalah menjaga kepuasan pelanggan dengan cara memberikan layanan yang baik dan ramah, serta memberikan bantuan dalam pemanfaatan produk atau layanan perusahaan. Oleh karena itu, walaupun terdapat perbedaan dalam peran dan pendekatan, baik customer care maupun customer service memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Perbedaan Konsep Customer Care dan Customer Service?

Perbedaan pokok antara customer care dan customer service terletak pada tujuan dan fokus yang dipegang oleh keduanya. Customer care lebih menekankan pada penyediaan informasi dan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh pelanggan, sementara customer service lebih menekankan pada penyediaan layanan yang sopan dan ramah kepada pelanggan.

Customer Care dan Customer Service

Tujuan utama dari customer care adalah meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara membantu mereka menemukan jawaban atas pertanyaan yang diajukan, menyelesaikan permasalahan yang muncul, dan memberikan dukungan dalam memanfaatkan produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan. Di sisi lain, tujuan customer service adalah menjaga kepuasan pelanggan melalui penyediaan layanan yang baik dan santun, serta membantu pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Selain itu, customer care umumnya lebih sering dilakukan melalui saluran telepon atau obrolan, sedangkan customer service dapat dilakukan melalui berbagai metode, termasuk telepon, surel, obrolan, atau media sosial.

Walaupun keduanya memiliki perbedaan dalam pendekatan, namun keduanya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjadi saluran bagi pelanggan untuk memberikan masukan mengenai produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan. Oleh karena itu, pemahaman yang baik terhadap perbedaan antara kedua konsep ini sangat penting bagi perusahaan untuk diterapkan secara efektif guna meningkatkan kepuasan pelanggan.

Tingkatkan Layanan Customer Care dan Customer Service Anda!

Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan layanan customer care dan customer service dalam bisnis:

  1. Lakukan pelatihan bagi karyawan guna memastikan mereka mampu memberikan pelayanan yang ramah dan efektif kepada pelanggan.
  2. Sediakan beragam saluran akses layanan pelanggan yang mudah dijangkau, seperti telepon, surel, obrolan, atau media sosial. Hal ini memungkinkan pelanggan menghubungi perusahaan dengan mudah saat memerlukan bantuan.
  3. Buat sistem efisien untuk menangani masalah pelanggan, termasuk penyediaan formulir keluhan atau permintaan pengembalian produk.
  4. Terapkan sistem efektif untuk merespons umpan balik dari pelanggan, misalnya melalui formulir umpan balik atau pemantauan aktifitas pelanggan di media sosial.
  5. Tawarkan layanan bantuan 24 jam sehingga pelanggan dapat menghubungi perusahaan kapan saja saat memerlukan asistensi terkait produk atau layanan.
  6. Rancang program loyalitas atau insentif bagi pelanggan setia sebagai bentuk penghargaan, mendorong mereka untuk terus menggunakan produk atau layanan perusahaan.
  7. Berikan layanan pelanggan yang personal melalui obrolan dengan staf customer service yang ramah dan siap membantu secara individual.
  8. Implementasikan sistem efisien untuk mengukur kinerja karyawan, misalnya melalui survei kepuasan pelanggan atau pelacakan respons terhadap pertanyaan atau masalah yang diajukan pelanggan.
  9. Pastikan setiap agen selalu memberikan layanan yang sopan dan baik kepada pelanggan.
  10. Adopsi strategi teknologi modern, seperti Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM), guna mengoptimalkan kinerja agen layanan pelanggan. Dengan CRM, perusahaan dapat lebih efektif dan efisien dalam mengelola hubungan dengan pelanggan.

Dengan mengimplementasikan langkah-langkah ini, diharapkan performa karyawan akan meningkat, berdampak positif pada kepuasan pelanggan, serta mengukuhkan posisi bisnis Anda dalam persaingan.

Dapatkan Solusi CRM Terbaik untuk Peningkatan Layanan Pelanggan Bisnis Anda!

Untuk memastikan kelancaran implementasi CRM dalam perusahaan, penting untuk memilih perangkat lunak CRM yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan Anda memilih solusi perangkat lunak CRM terbaik yang cocok untuk perusahaan Anda agar dapat meraih manfaat maksimal dari penggunaan CRM.

Solutif hadir dengan solusi CRM yang komprehensif, mencakup berbagai aspek bisnis, seperti CRM Penjualan untuk mengelola proses penjualan, CRM Call Center untuk pusat kontak pelanggan, Layanan Pelanggan atau Dukungan Pelanggan, serta untuk keperluan telesales atau telemarketing, dan berbagai kebutuhan lainnya. Solusi CRM All in One yang disediakan oleh Solutif dirancang untuk melayani berbagai jenis bisnis, mulai dari skala usaha kecil, UMKM, hingga perusahaan besar, sehingga membantu Anda dalam mencapai pertumbuhan yang lebih baik.

Bergabung dengan CallON!

Kelola perusahaan Anda secara profesional dan terarah dengan dukungan CallON dari Solutif. Apa yang Anda tunggu? Hubungi kontak layanan CallON sekarang untuk informasi lebih lanjut.
CallON membantu perusahaan Anda menangani keluhan pelanggan dengan cepat dan akurat!

Salah satu penyedia layanan Contact Center Outsourcing adalah CallON. CallON adalah perusahaan yang terpercaya dan telah memiliki reputasi yang baik dalam industri ini. Mereka menawarkan layanan Contact Center yang berkualitas tinggi dengan berbagai fitur terkini, seperti sistem manajemen panggilan terintegrasi dan analisis data. Dengan pengalaman yang luas, CallON dapat membantu Anda mengelola kebutuhan layanan nasabah Anda dengan efektif dan profesional.

CallON dibawah naungan PT Solusi Tiga Selaras (Solutif) memiliki dukungan teknologi genesys yang akan memudahkan dan memaksimalkan kinerja contact center. Untuk detailnya berikut adalah kelebihan CallON dari Solutif:

  • Anda dapat custom kebutuhan call center Anda sesuai target maupun budgeting
  • Sudah berpengalaman
  • Memiliki izin resmi sehingga Anda akan terlindungi dan merasa aman serta nyaman
  • Dukungan teknologi, SDM dan infrastruktur yang mumpuni sehingga memudahkan Anda untuk mencapai target
  • Laporan dan hasil analisa tersaji secara realtime

Memilih layanan call center sama saja Anda memilih wajah perusahaan, karena call center adalah wajah yang akan dilihat oleh nasabah Anda ketika membutuhkan bantuan perusahaan. Baik atau buruknya call center ditentukan dari pemilihan partner Anda.

Pilih layanan yang profesional agar perusahaan Anda makin berkembang serta profesional. Pilih layanan call center pilih CallON saja. Untuk info detail dan konsultasi dapat menghubungi tim CallON di (021) 5021 1001.

Bisnis Wajib tau Perbedaan Customer Service dan Customer Care!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top