Bisnis apa saja yang menggunakan Perusahaan BPO? Bagaimana cara memilihnya?

Perusahaan BPO

Jika kita berbicara bisnis pada sebuah perusahaan maka kita akan berbicara tentang jenis-jenis bisnis yang ada di lapangan. Apakah FnB, ritel, tekno, dll. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas bisnis apa saja yang dapat menggunakan layanan perusahaan BPO ? Lalu, bagaimana cara memilihnya?

Perusahaan BPO (Business Process Outsourcing) adalah layanan yang ditujukan untuk membantu perusahaan baru, baik dari segi SDM ataupun teknis untuk melakukan pekerjaan penunjang tertentu. Perusahaan BPO atau perusahaan outsourcing ini sudah banyak kita temui dan tentunya banyak pula industri yang menggunakan layanan dari perusahaan BPO. 

Bisnis apa saja yang dapat menggunakan layanan perusahaan BPO, berikut detailnya:

-Finance
-Ritel
-FnB
-Jasa
-Transportasi dan masih banyak lagi


Ya, bisa dikatakan hampir semua bisnis dapat menggunakan jasa outsourcing. Karena kegiatan seperti accounting and finance, HR, call center, customer service, teknologi pasti selalu ada disetiap kegiatan perusahaan. Tidak peduli Anda perusahaan rintisan atau sudah lama berdiri, pasti akan ada departemen khusus yang menangani bidang-bidang tersebut. Kegiatan-kegiatan diatas pastilah ada. Dan hadirnya perusahaan BPO adalah untuk menjawab kebutuhan Anda akan layanan-layanan tersebut.

Kelebihan ketika kita memilih perusahaan BPO atau outsourcing:

  1. Menghemat waktu.
  2. Anda tidak memerlukan waktu khusus untuk menyiapkan departemen khusus diluar kegiatan inti perusahaan
  3. SDM sudah terlatih dan ahli. SDM di perusahaan BPO sudah terlatih dan terstandarisasi untuk membantu kebutuhan Anda. Jadi, kita tidak perlu menyiapkan SDM dari nol, melatihnya hingga menjadi ahli. Misalnya, jika Anda memakai jasa perusahaan BPO call center maka otomatis SDM nya sudah memiliki jam terbang tinggi dalam melayani panggilan, mencatat, melaporkan bahkan memberikan solusi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Sangat berbeda jika Anda melakukan proses ini dari nol secara internal, maka Anda akan harus melatih SDM tersebut agar handal dan siap diterjunkan di lapangan.
  4. Sudah berpengalaman dalam menghandle masalah. Perusahaan BPO pastilah sudah memiliki jam terbang yang cukup lama dalam menangani aneka kebutuhan pelanggan
  5. Perusahaan Anda dapat fokus pada tugas utama dan mendelegasikan tugas repetitif atau tugas penunjang ke perusahaan BPO. Fokus dan bergerak cepat serta tepat adalah kunci! Terutama jika Anda adalah perusahaan baru dan berkembang.
  6. Dukungan dari tim ahli. Baik SDM, software, infrastruktur dll semua sudah terstandardisasi dan siap untuk mensupport perusahaan Anda.
    Menghemat biaya, menggunakan layanan outsourcing otomatis akan menghemat biaya operasional perusahaan. Banyak list pengeluaran akan terhapus otomatis ketika Anda memilih perusahaan BPO.
  7. Efisiensi. Dari segi SDM, waktu, biaya dan panjangnya proses maka dengan menggunakan layanan perusahaan BPO akan membuat gerak Anda makin efisien. Perusahaan akan makin cepat bertumbuh dan makin dekat dengan konsumen.
    Nah, tak perlu khawatir karena perusahaan outsourcing sudah memiliki standar sistem yang teruji. Bahkan untuk sistem evaluasi Anda akan sangat dimudahkan karena semuanya sudah tersistem dan disajikan secara rapi.

Baca Artikel lainnya : https://callon.id/3-alasan-perusahaan-anda-harus-menggunakan-bpo/

Lalu, bagaimana caranya Anda memulai memilih perusahaan BPO yang profesional?

Langkah memilih perusahaan BPO
  1. Lakukan riset secara mendalam terkait perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan BPO
  2. Cek Linkedin perusahaan tersebut, Anda bisa melihat connection, interaksi, atau news terkait perusahaan BPO tersebut
  3. Mintalah rekomendasi kepada teman, rekan bisnis terkait perusahaan BPO yang Anda butuhkan
  4. Lakukan call, meeting dan diskusi dengan perusahaan-perusahaan BPO yang sudah Anda list. Pastikan Anda sudah menyiapkan hal apa saja yang akan ditanyakan terkait kebutuhan perusahaan Anda
  5. Budgeting, sesuaikan budget Anda dengan layanan yang mereka sediakan. Anda dapat melakukan negoisasi terkait nilai kontrak, termin pembayaran dan tetap mengacu dengan kebutuhan perusahaan
  6. Monitoring berkala, hal inilah yang penting ketika kita memilih perusahaan outsourcing yaitu monitoring. Anda dapat berdiskusi dengan perusahaan BPO yang Anda pilih terkait progress bulan ini dan target untuk periode selanjutnya.
    Dan CallON adalah salah satu perusahaan yang melayani BPO atau outsourcing. Dibawah naungan PT Solusi Tiga Selaras (Solutif) yang sudah menjadi partner teknologi Genesys maka kebutuhan perusahaan Anda dapat terpenuhi. Teknologi Genesys mengusung sistem layanan pelanggan dengan support dari kecerdasan buatan atau AI (Artificial Inteligence).

3 bidang yang dapat disupport oleh CallON:

Talent Supply

CallON menyediakan tenaga kerja terlatih dibidang customer service, sales, marketing, collection, survey/verifikasi, IT support dan back office

Business Process Services

Layanan Brusiness process services tersedia untuk bidang: Customer service, Sales, marketing, Collection, Help desk dan Bagian survey/ verifikasi

Technology

Menyediakan layanan yang terintegrasi baik inbound voice, email, live chat, dan aplikasi pesan.


Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi tim CallON di (021) 5021 1001. Pastikan Anda memilih perusahaan BPO yang sudah berpengalaman dan teknologi yang mumpuni.

Butuh perusahaan BPO, pilih CallON saja!

Bisnis apa saja yang menggunakan Perusahaan BPO? Bagaimana cara memilihnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top