Apa itu Desk Collection Dan Tugasnya?

Apa itu Desk Collection Dan Tugasnya?

Saatnya mengenal desk collection lebih dalam! Simak penjelasan dari CallON ya!

Industri jasa keuangan telah melahirkan inovasi berbasis teknologi dan digital yang mampu membantu kebutuhan masyarakat dalam hal finansial. Sekarang ini, proses transaksi secara digital sudah berkembang dengan cepat.

Akhir-akhir ini telah populer layanan pinjol (pinjaman online) dari industri fintech peer-to-peer (P2P) lending. Proses menggunakan layanan pinjol semakin mudah, masyarakat hanya perlu memberikan informasi melalui aplikasi atau website, tanpa harus bertatap muka.

Pada artikel CNN Indonesia, jumlah dana pinjaman online yang disalurkan kepada masyarakat per Juni tahun 2022 sebesar Rp20,67 triliun. Data tersebut terlampir dalam catatan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang mencatat sebanyak 102 perusahaan layanan pinjol melakukan pembiayaan kepada nasabahnya.

Data di atas menunjukkan bahwa masyarakat yang menggunakan layanan pinjol dapat mencapai ribuan bahkan jutaan. Maka dari itu, perusahaan fintech P2P (pinjol) sangat membutuhkan wadah untuk seseorang yang menjadi jembatan dalam mengingatkan masyarakat akan kewajibannya dalam membayar pinjaman.

Penasaran? yuk, kita kenalan dengan desk collection!

Desk collection atau telecollection adalah seseorang yang mengingatkan, menginformasikan dan memberitahu nasabah mengenai “Kredit” (penagihan hutang) melalui via telepon, email, surat, WA, atau SMS. Biasanya, desk collection ditemui pada perusahaan perkreditan (memberikan dana pinjaman kepada nasabah). Perlu diperhatikan bahwa desk collection dan debt collector merupakan dua hal yang berbeda. Desk collection berperan penting untuk menjadi penghubung dan pengingat antara nasabah dengan perusahaan, terutama perihal menagih kewajiban kepada nasabah atau pembayaran jatuh tempo.

Desk collection bekerja dengan target. Hal ini dilihat pada seberapa banyak nasabah yang telah dihubungi dan membayarkan tunggakan atau pembayaran jatuh tempo. Jumlah besaran uang yang masuk kepada perusahaan akan mempengaruhi target kerja desk collection. Oleh karena itu, peran desk collection sangat penting sebagai garda terdepan untuk mengingatkan debitur (nasabah).

Apa saja tugas-tugas desk collection?

Solutif-contact-center-omnichannel apa itu desk collection

Perkembangan dan peningkatan profit perusahaan bergantung pada kelancaran pembayaran pinjaman oleh nasabah. Untuk itu, desk collection memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melancarkan proses penagihan.
1. Memantau dan mengecek data debitur (nasabah) yang tidak melakukan pembayaran tepat waktu atau sudah jatuh tempo.
2. Follow up dan menghubungi debitur (nasabah) yang belum melakukan pembayaran melalui telepon, email, whatsapp, atau SMS.
3. Membuat surat tagihan untuk debitur (nasabah) sebagai tanda peringatan. Kemudian, diserahkan kepada tim debt collector atau field collection untuk menagih kewajiban nasabah.
4. Melakukan negosiasi seperti janji bayar (promise to pay) kepada debitur (nasabah) agar membayar tepat waktu sembari membangun hubungan dan kepercayaan dengan debitur (nasabah).
5. Mengikuti aturan, regulasi, atau SOP collection yang berlaku dalam perusahaan.
6. Membuat laporan harian sebagai bahan evaluasi dan KPI. Kemudian, dikirimkan kepada koordinator atau atasan divisi collection. Laporan berisikan uraian permasalahan, aksi dan solusi yang dilakukan dalam menindaklanjuti debitur (nasabah).
7. Memperbaharui dan memantau laporan aktivitas penagihan dan status piutang debitur (nasabah).

Hal yang paling penting untuk seorang desk collection adalah bersikap profesional dan mampu mengelola emosinya secara baik.

Apa hambatan yang dihadapi desk collection?

Ketika menghubungi nasabah melalui via telepon atau pesan teks, seringkali diabaikan. Bahkan, terdapat nasabah yang bersikap tidak sopan, mulai dari marah, mengeluarkan kata senang hingga mengancam. Tentunya, hal ini akan mempengaruhi target kerja desk collection dan bonus yang mereka dapatkan.

Namun, ketika desk collection menghubungi nasabah yang tidak menyenangkan, terdapat sebagian agen yang tersulut kemarahan sehingga terjadilah perdebatan antara nasabah dengan agen desk collection. Sehingga membuat citra menjadi buruk dan gagal untuk melakukan penagihan.

Oleh karena itu, hal terpenting bagi seorang desk collection adalah tetap bersikap profesional, mampu mengelola emosinya dengan baik dan tidak menyinggung debitur (nasabah) saat menagih kewajiban.

Baca artikel lainnya: https://callon.id/layanan-outbound-call-vs-inbound-call-mari-kupas-tuntas/

Intip strategi sukses atasi masalah desk collection dari Solutif!

Solutif-contact-center-omnichannel apa itu desk collection

Untuk menangani permasalahan dimana debitur (nasabah) sering mengabaikan pesan dan telepon Anda, tenang saja Solutif punya solusinya!

Sekarang ini, teknologi semakin berkembang. Solutif yang bekerja sama dengan Genesys pun menghadirkan teknologi yang memudahkan efisiensi dan efektivitas bisnis Anda.

Dengan menggunakan Teknologi Outbound Call Center dari Solutif dapat membantu bisnis Anda untuk menjangkau nasabah yang sulit untuk dihubungi. Berikut adalah beberapa solusi yang ditawarkan:

1. Dialing

Genesys Outbound Dialer memberikan penjangkauan terkoordinasi di beberapa saluran, baik otomatis dan dibantu rekan kerja, dan menciptakan keterlibatan optimal berdasarkan ketersediaan rekan kerja. Pilihannya termasuk Panggilan Progresif, Panggilan Prediktif, dan Panggilan Pratinjau.

Panggilan Progresif

Tempat menelepon hanya jika rekan kerja tersedia

Panggilan Prediktif

Menelepon saat rekan kerja diperkirakan akan tersedia

Panggilan Pratinjau

Rekan kerja harus mengklik untuk menerima panggilan keluar

2. Panggilan balik kepada pelanggan secara otomatis

Otomatiskan panggilan ke pelanggan yang meminta panggilan balik di aplikasi seluler atau website Anda. Ketika pelanggan tidak dapat menemukan jawaban yang mereka butuhkan di situs web atau aplikasi Anda, mereka ingin berbicara dengan seseorang yang dapat membantu dengan cepat.

Hanya dengan satu klik, Genesys Callback memberi pelanggan digital Anda pilihan untuk meminta panggilan kembali daripada menunggu online atau di aplikasi dan karena perutean panggilan balik menggunakan perutean berbasis keterampilan, permintaan ini dapat dialihkan secara cerdas ke individu yang paling siap untuk membantu.

3. Notifikasi SMS

Gunakan notifikasi SMS untuk memberitahu pelanggan atau sebagai bagian dari kampanye terintegrasi di seluruh saluran non-suara. Pelanggan menginginkan cara cepat untuk diberitahu tentang pengingat janji temu, pemberitahuan pengiriman, peringatan penipuan, kupon, informasi program loyalitas, survei, dan banyak lagi.

Mengkomunikasikan informasi penting secara sederhana dan efisien menggunakan Pemberitahuan SMS Genesys. Pelanggan mengalami pengalaman yang lebih memuaskan dan menarik dengan bisnis dan perusahaan mengurangi biaya operasional sambil memastikan teks penting dan peka waktu dikirimkan ke pelanggan dimana pun mereka berada.

4. Outbound menggunakan email

Bawa kampanye Anda ke email inbox pelanggan. Jalankan kampanye terintegrasi di beberapa saluran, termasuk email. Bagian dari kampanye multiwave, email dapat dimanfaatkan dalam kampanye multi-saluran yang terkoordinasi di mana dimungkinkan untuk mengintegrasikan panggilan, pesan suara, dan pesan teks untuk mengkomunikasikan pesan Anda kepada prospek dan pelanggan Anda pada waktu yang tepat, sambil memastikan peraturan kepatuhan.

5. Push notification untuk smartphone

Kirim pemberitahuan langsung ke perangkat smartphone pelanggan, tentang pembaruan, masalah layanan, dan permintaan pembaruan.

Tunggu apa lagi? Silakan konsultasikan dan dapatkan solusi dari Solutif! Hubungi Kami Disni.

Apa itu Desk Collection Dan Tugasnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top