Apa itu BPO (Business Process Outsourcing)?

Apa itu BPO (Business Process Outsourcing)?

Apa itu BPO? Pernahkah Anda mendengar istilah BPO atau Business Process Outsourcing? Sebagian besar bisnis ingin memiliki layanan yang efisien dan inovatif, serta memilih untuk melakukan proses outsourcing agar dapat berkompetitif. Merujuk pada Grand View Research, BPO diperkirakan memiliki CAGR (Compound Annual Growth Rate) sebesar 9,1% di tahun 2022 sampai 2030. Berdasarkan data tersebut, Outsourcing dapat memberikan dorongan ekstra pada perkembangan dan pertumbuhan bisnis Anda.

Mengingat kembali masa pandemi covid yang membawa tren teknologi semakin berkembang dan inovatif. Sudah saatnya pebisnis untuk berinvestasi pada BPO sebagai layanan dalam bisnis mereka. Bagi pebisnis yang masih asing dan belum memahami apa itu BPO, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa itu BPO (Business Process Outsourcing)?

Business process outsourcing (BPO) adalah metode yang dilakukan oleh perusahaan dengan mengontrak atau mempekerjakan penyedia layanan eksternal (vendor atau pihak ketiga) yang dipercayakan untuk mengelola operasi bisnis, fungsi, tanggung jawab, dan tugas bisnis yang penting.

Sekarang ini, banyak perusahaan yang berfokus untuk meningkatkan efisiensi operasi bisnis, mengoptimalkan kinerja SDM (Sumber Daya Manusia), dan mengurangi biaya untuk memenuhi tuntutan industri yang semakin hari semakin berkembang. Hal tersebut menjadi faktor untuk perusahaan menggunakan layanan BPO agar mengikuti tren dengan mengadopsi teknologi AI dan cloud. Sehingga membuat bisnis semakin bertumbuh dan efisien dalam menyelesaikan proses bisnis yang rumit.

Mengapa banyak perusahaan yang mengadopsi layanan BPO?

Alasannya adalah untuk membuat operasi bisnis semakin efisien dengan mengelola tugas dan fungsi bisnis. Contohnya, layanan BPO dimanfaatkan sebagai layanan customer service, tujuannya adalah untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan ekspektasi pelanggan terhadap layanan contact center Anda.

Mari kita lihat beberapa data statistik mengenai layanan BPO yang mampu menarik tren dan prospek outsourcing tahun 2022.
– Bisnis dapat menghemat biaya layanan sampai 70% melalui outsourcing (mengalihdayakan) customer support contact centers. – Morph Networks
– 67% membangun peningkatan berkelanjutan dan inovasi ke dalam talent programs. -Deloitte
– 70% bisnis beralih ke mitra outsourcing untuk mengurangi biaya. – Deloitte
– 57% bisnis melakukan outsourcing proses karena membantu mereka fokus pada proses inti dan 78% organisasi menemukan hubungan mereka dengan mitra outsourcing menjadi positif. – Customerthink

Apa Manfaat BPO?

1. Meningkatkan efisiensi bisnis

Mengadopsi teknologi yang terbaru dapat meningkatkan keunggulan kompetitif bisnis dan menghasilkan efisiensi yang tinggi pada proses operasi bisnis.

2. Hemat waktu dan biaya

Faktor utama yang membuat bisnis mengadopsi BPO adalah untuk menghemat waktu dan biaya. Sering kali, diperlukan berbagai biaya untuk meningkatkan kualitas dan merekrut SDM serta mengembangkan operasi bisnis menjadi lebih efisien. Dengan BPO, dapat menyelesaikan tugas yang penting dan kompleks sehingga tidak memakan biaya dan dapat dilakukan dari jarak jauh (WFH). Kemudian, produktivitas menjadi meningkat karena saat outsourcing tugas, pekerjaan yang dibebankan menjadi berkurang sehingga dapat mengelola tugas menjadi lebih efektif.

3. Meningkatkan kualitas layanan bisnis

Jika tenaga kerja dan bisnis dapat berjalan secara efektif, produktivitas meningkat, dan fokus pada inti bisnis, maka kualitas layanan pun meningkat. Jika meningkat, maka dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan layanan yang tersedia pada bisnis berjalan secara optimal.

Lalu, apa ada contoh bisnis yang bergerak di BPO?
CallON merupakan bisnis yang menyediakan solusi contact center, salah satunya adalah layanan BPO. CallON menyediakan program pelatihan dan pengelolaan layanan yang tentunya meningkatkan efisiensi proses bisnis Anda dan memenuhi kebutuhan manajemen operasi Anda.

Contoh layanan BPO yang ditawarkan oleh CallON, sebagai berikut;
– Training program: offline and online or for learning management system
– Talent Supply & Operation Management
– Talent Supply & Facilities
– Talent Supply & Contact Center Solution
– Full Business Process services: Talent Supply, Contact Center Solution, Facilities and Operation Management

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengisi formulir ini!

Apa itu BPO (Business Process Outsourcing)?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top