6 Langkah wajib ketika memilih BPO Customer Service

BPO Customer Service

Perusahaan Anda sedang membutuhkan jasa BPO Customer Service? Masih bingung pilih provider yang mana? Apa saja hal yang harus disiapkan? Nah, jika Anda masih bingung maka artikel kali ini sangat tepat karena kita akan membahas apa saja alasan menggunakan BPO Customer Service.

Ketika kita memilih menggunakan perusahaan alihdaya pada bidang customer service tentu karena beberapa alasan seperti:

  1. Belum mempunyai SDM atau teknologi yang siap pakai untuk menjalankan proses customer service. Dengan menggunakan jasa perusahaan BPO maka Anda tidak akan khawatir karena sudah ditangani oleh tim profesional dan terpercaya.
  2. Anda masih fokus ke proses bisnis utama tanpa harus repot membentuk dan mengawasi departemen khusus. 
  3. Efisiensi bisnis, dengan menggunakan layanan BPO Customer Service maka operasional perusahaan Anda akan semakin efisien dan tentunya memangkas budgeting untuk departemen customer service. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya khusus baik untuk SDM, tools, teknologi dst yang berhubungan dengan customer service. Dengan hadirnya solusi dari perusahaan alih daya atau outsourcing maka Anda akan makin mudah menjalankan perusahaan.

Nah, selanjutnya adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan ketika akan memilih BPO Customer Service

  1. Survei

Anda akan melalui proses ini baik secara offline maupun online. Riset aneka perusahaan BPO yang ada baik dari segi layanan, budget, SDM, teknologi yang dipakai dan nilai plus lainnya. Pastikan Anda melakukan survei secara mendetail dan menyeluruh. 

  1. Diskusi

setelah melakukan riset terhadap provider BPO Customer Service yang ada maka selanjutnya adalah melakukan sesi diskusi. Anda bisa bertanya via sambungan telepon apakah layanan yang Anda butuhkan tersedia. Dari semua list perusahaan yang sudah Anda data maka Anda dapat mulai menyaringnya menjadi 5 besar yang sesuai dengan kebutuhan Anda.  

  1. Meeting & consulting

tahapan ini akan memberikan banyak sudut pandang ketika Anda sudah bertatap muka dan konsultasi dengan tim BPO Customer Service. Sebelum Anda menemui mereka pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa list pertanyaan dan solusi untuk masalah customer service di perusahaan Anda. Jangan lupa untuk membawa beberapa file terkait perusahaan Anda dan ajak tim ahli perusahaan outsourcing untuk berdiskusi.

Baca juga artikel lainnya : https://callon.id/5-tren-bpo-yang-mempengaruhi-bisnis-di-tahun-2022/

  1. Proses pengambil keputusan

Anda dapat berdiskusi secara internal dengan manajemen perusahaan untuk mulai mengambil keputusan, perusahaan apa yang dirasa cocok untuk menjadi pihak ketiga proses bisnis Anda. Analisa masing-masing perusahaan baik kelebihan maupun kekurangan mereka. Lalu, ambil keputusan sesuai musyawarah dan kebutuhan perusahaan Anda.

  1. Transfer knowledge

Ya, ini adalah masa dimana Anda akan melakukan transfer knowledge ke tim BPO Customer Service yang Anda pilih. Dan jangan khawatir, mereka sudah terbiasa untuk menghandle kebutuhan perusahaan-perusahaan dengan aneka bidang bisnis.

  1. Evaluasi terhadap KPI yang sudah ditentukan

Lakukan evaluasi secara berkala untuk proses outsourcing customer service. Apakah sudah sesuai dengan KPI(Key Performance indicator) atau masih diperlukan optimalisasi agar sesuai dengan target perusahaan.

Kenapa Anda harus memilih CallON?

  1. Sudah berpengalaman
  2. Memiliki teknologi Genesys yang siap membantu kebutuhan Anda. Teknologi ini sudah banyak dipakai oleh brand-brand global seperti: Microsoft, Lenovo, Paypal dll.
  3. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda baik dari skala bisnis maupun budget. Hal ini akan sangat sesuai jika perusahaan Anda masih baru dan berkembang.
  4. CallON dibawah naungan PT Solusi Tiga Selaras (Solutif) yang sudah menangani berbagai klien seperti: Maybank, Majoo, Mola TV, PeriksaLab dll. Dengan pengalaman dan teknologi yang dimiliki maka kebutuhan Anda akan BPO Customer Service sudah pasti berada ditangan yang tepat.
  5. Untuk konsultasi dengan tim ahli Anda dapat menghubungi di (021) 5021 1001. Butuh layanan BPO Customer Service pilih CallON saja.
6 Langkah wajib ketika memilih BPO Customer Service

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top