10 Jawaban Motivasi Kerja saat Interview

Interview

Alasan ada Pertanyaan Motivasi Kerja Saat Interview

Pertanyaan mengenai motivasi dalam bekerja sering kali diajukan dalam interview, dan perlu dipahami tujuannya. Penting bagi kita untuk memahami mengapa pertanyaan ini sering muncul, karena hal ini dapat memengaruhi kesuksesan interview kita.

Rekruter bertanya mengenai motivasi kerja dengan maksud tertentu. Mengetahui tujuan dari pertanyaan ini akan membantu kita menyiapkan jawaban yang lebih sesuai dengan harapan mereka. Meskipun terdengar seperti pertanyaan standar, sebenarnya rekruter ingin menilai sejauh mana kita dapat memberikan kontribusi yang berarti. Karena perusahaan mencari kandidat yang memiliki tingkat motivasi tinggi dalam menjalankan tugasnya.

Lebih dari sekadar keinginan untuk bertahan hidup atau menerima gaji bulanan, perusahaan mengharapkan motivasi yang mendorong kita untuk melakukan pekerjaan dengan dedikasi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memberikan jawaban yang positif dan penuh semangat, agar seorang yang meng-interview dapat merasakan komitmen kita dan memiliki kepercayaan terhadap kemampuan kita.

Dengan memberikan gambaran positif tentang motivasi kita, kita dapat terlihat sebagai individu yang berkomitmen dan siap menjalankan tugas dengan baik. Hal ini menjadi tujuan utama agar kita dianggap sebagai calon yang memiliki semangat dan motivasi yang tinggi dalam bekerja.

interview

Contoh Menjawab Motivasi Kerja

Banyak orang merasa kesulitan dalam menjawab pertanyaan tentang motivasi melamar pekerjaan, entah karena kurang persiapan atau karena gugup. Pertanyaan ini sering diajukan oleh perekrut dengan tujuan untuk memahami lebih lanjut tentang calon kandidat.

Agar kita tidak merasa gugup dan siap dalam menghadapi pertanyaan dari seorang yang meng-interview dan HRD, berikut beberapa contoh jawaban serta cara menjawabnya saat interview:

Jawaban yang Realistis

Saat menjawab pertanyaan ini, sebaiknya kita jujur dan tidak hanya berfokus pada aspek finansial. Ini akan membuat perusahaan melihat bahwa kita ingin bergabung untuk mengembangkan karier dan memberikan kontribusi positif. Jawaban kita harus jujur, realistis, dan penuh keyakinan. Contoh jawaban yang bisa digunakan adalah:

“Saya melamar pekerjaan di perusahaan ini bukan hanya untuk mencari pekerjaan baru, tetapi juga untuk memberikan kontribusi yang positif. Saya ingin mengembangkan keterampilan dan pengetahuan saya serta memberikan dampak positif pada perusahaan.”

Jawaban yang Optimis

Selain percaya diri dan jujur, kita juga dapat memberikan jawaban yang mencerminkan optimisme. Kita dapat menyatakan keinginan untuk membangun hubungan baik dengan klien atau rekan kerja. Contoh jawaban yang bisa digunakan adalah:

“Saya ingin menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang baru dan membantu rekan kerja mencapai target perusahaan.”

Menghubungkan dengan Pengalaman

Saat menjawab pertanyaan ini, kita dapat mengaitkan jawaban kita dengan pengalaman yang sudah dimiliki. Jawaban ini harus menunjukkan keinginan kuat untuk menjalankan peran dan tanggung jawab yang diberikan. Contoh jawaban berdasarkan pengalaman adalah:

“Saya memiliki pengalaman dalam bidang pemasaran dan saya selalu termotivasi oleh proyek-proyek kreatif, kerja sama tim, dan komunikasi dengan klien. Oleh karena itu, saya sangat bersemangat untuk menerapkan pengalaman saya sebelumnya di perusahaan ini dan berkontribusi pada kesuksesannya.”

Keluar dari Zona Nyaman

Jawaban lain yang dapat digunakan adalah menyatakan bahwa kita termotivasi dan bersedia meninggalkan zona nyaman untuk mencapai tujuan. Ini akan membuat seorang yang meng-interview melihat kita sebagai kandidat yang siap menghadapi tantangan dan bekerja di bawah tekanan. Contoh jawaban seperti ini adalah:

“Motivasi saya utama dalam bekerja adalah mengatasi tantangan. Melamar pekerjaan di perusahaan ini adalah langkah besar untuk meninggalkan zona nyaman saya sebelumnya, dan hal ini sangat memotivasi saya.”

Jawaban yang Relevan

Pastikan bahwa jawaban kita relevan dengan pertanyaan yang diajukan dan tidak beralih ke topik lain. Contoh jawaban relevan adalah:

“Saya sangat termotivasi untuk meningkatkan penjualan di perusahaan ini karena saya percaya peningkatan penjualan akan membantu perusahaan mencapai kesuksesan dan memberikan manfaat kepada karyawan.”

Kaitkan dengan Visi Misi Perusahaan

Jika memungkinkan, kita dapat menghubungkan jawaban kita dengan visi dan misi perusahaan. Ini akan menunjukkan kesesuaian motivasi kita dengan tujuan perusahaan. Contoh jawaban seperti ini adalah:

“Saya sangat termotivasi untuk bergabung dengan perusahaan ini karena saya merasa visi dan misi perusahaan sangat sejalan dengan nilai-nilai yang saya anut.”

Mendukung dengan Data

Kita dapat memperkuat jawaban kita dengan data yang relevan, seperti pencapaian kerja sebelumnya atau data yang dapat diakses secara umum. Ini akan memberikan bukti konkret tentang kemampuan kita. Contoh:

“Saya telah berhasil meningkatkan penjualan produk sebanyak 20% dalam proyek sebelumnya, dan saya yakin dapat memberikan kontribusi serupa di perusahaan ini.”

Hindari Kesombongan

Meskipun kita ingin mengesankan, hindari kesan angkuh. Rekruter mencari individu yang bisa bekerja sama dalam tim dan mencapai tujuan bersama. Contoh:

“Saya senang bisa berkontribusi, tetapi saya juga selalu siap untuk belajar dan bekerja sama dengan tim untuk mencapai kesuksesan bersama.”

Jangan Memberikan Jawaban Motivasi Klise

Saat menjawab pertanyaan tentang motivasi, sebaiknya kamu mengungkapkan alasan yang lebih konkret dan tidak terlalu umum. Beberapa jawaban yang terlalu umum dan sebaiknya dihindari, seperti:

  • Ingin mencari pengalaman baru dan menantang diri sendiri.
    Terutama bagi fresh graduate, pastikan kamu memiliki keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Tempat kerja bukan lagi tempat untuk eksperimen, dan perusahaan biasanya lebih memilih kandidat dengan pengalaman dalam bidang tertentu. Sebagai alternatif:

“Saya tertarik dengan pekerjaan ini karena sesuai dengan minat dan pengalaman internship saya di bidang ini.”

  • Mengisi waktu luang.
    Jawaban semacam ini dapat membuatmu terlihat tidak serius dan kurang berkomitmen. Seorang yang meng-interview mungkin menganggap bahwa kamu tidak menganggap pekerjaan ini dengan serius. Penting untuk memberikan jawaban yang menunjukkan motivasi yang kuat. Contohnya:

“Saya sangat serius tentang pekerjaan ini karena saya ingin membangun karier dalam bidang yang saya minati dan memberikan kontribusi terbaik saya setiap saat.”

  • Mendapatkan gaji yang lebih baik dari pekerjaan sebelumnya.
    Membicarakan gaji dalam jawaban motivasi tidak disarankan. Meskipun gaji penting, fokuslah pada motivasi positif yang tidak hanya berkaitan dengan kompensasi finansial. Sebagai alternatif:

“Meskipun gaji tentu penting, motivasi saya lebih terfokus pada kesempatan untuk berkembang, belajar, dan memberikan kontribusi positif pada perusahaan.”

  • Berfokus pada diri sendiri.
    Walaupun interview adalah kesempatan untuk mempresentasikan diri, hindari membuat jawaban yang terlalu egosentris. Sampaikan motivasi kamu dengan menekankan tanggung jawab dan kontribusi yang ingin kamu berikan pada pekerjaan. Contoh:

“Saya tertarik dengan pekerjaan ini karena melihat job description, saya merasa hal ini sesuai dengan minat saya, dan saya yakin dapat memberikan kontribusi yang signifikan.”

  • Tidak ada tujuan yang jelas.
    Berikan jawaban yang jelas dan terukur terkait tujuanmu di perusahaan. Contoh:

“Saya merasa pekerjaan ini cocok untuk saya karena saya memiliki tujuan konkret, seperti menjadi ahli di bidang ini dalam 2-3 tahun ke depan.”

  • Tidak ada kaitan dengan pekerjaan yang dilamar.
    Pastikan jawabanmu terkait dengan deskripsi pekerjaan yang dilamar. Hindari memberikan informasi yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan. Sebagai alternatif:

“Setelah melihat deskripsi pekerjaan, saya yakin ini sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang saya miliki, dan saya siap untuk memberikan kontribusi yang diperlukan.”

Gunakan tips ini saat menjawab pertanyaan motivasi dalam interview kerja untuk meningkatkan kesan profesional dan kredibilitas kamu di mata seorang yang meng-interview.

Bergabung dengan CallON!

Kelola Bisnis Anda dengan Lebih Profesional dan Efisien Bersama CallON dari Solutif!

Ingin meningkatkan kualitas manajemen perusahaan Anda? Jangan ragu lagi! CallON hadir untuk Anda. Hubungi tim kami sekarang untuk mendapatkan informasi lengkap.

Mengapa CallON adalah Pilihan Tepat untuk Perusahaan Anda?

  • Pengalaman Terpercaya: CallON, bagian dari PT Solusi Tiga Selaras (Solutif), telah membangun reputasi unggul dalam industri ini.
  • Layanan Berkualitas Tinggi: Kami menyediakan layanan Customer Service, Contact Center, Call Center, dan banyak lagi dengan fitur-fitur terbaru seperti sistem manajemen panggilan terintegrasi dan analisis data.
  • Kustomisasi Sesuai Kebutuhan: Sesuaikan layanan kami dengan target dan anggaran Anda.
  • Keamanan dan Kenyamanan: Kami memiliki izin resmi untuk memberikan perlindungan kepada Anda.
  • Teknologi Canggih: Dukungan teknologi, SDM, dan infrastruktur kami akan membantu Anda mencapai target.
  • Laporan Realtime: Dapatkan laporan dan hasil analisis secara langsung.

Karyawan Layanan adalah Wajah Perusahaan Anda!
Pilihlah dengan Bijak! Karyawan layanan adalah representasi perusahaan Anda di mata pelanggan.

Jangan Tunda Lagi!

Pilih Layanan Profesional, Pilih CallON!

CallON

Hubungi Tim CallON di (021) 5021 1001 untuk Informasi Lebih Lanjut dan Konsultasi. Saatnya Membangun Bisnis Anda Menuju Kesuksesan yang Lebih Besar Bersama CallON!

10 Jawaban Motivasi Kerja saat Interview

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top